Kenapa Rasa kopi Yang Di sajikan Pada Gelas Yang Berbeda, Rasanya Juga Berbeda?

5:26 PM

Istimewa

Kopi.. ya kopi, satu jenis minuman pahit yang ga ada habisnya kalo dibahas. Pernah dong kita minum kopi, baik hasil menyeduh sendiri, atau beli di warung kopi, dari racikan sama namun rasa yang dihasilkan berbeda, kenapa bisa terjadi? mungkin bahasan kali ini bisa membantu..


Pengaruh Ukuran Cangkir Kopi
Ukuran cangkir berpengaruh pada rasa? bisa jadi..

Pada bulan Maret, sebuah studi akan dipublikasikan di Food Quality and Preference mengenai hal tersebut. Penelitian mengklaim ukuran dan ketebalan cangkir bisa mempengaruhi rasa kopi.  Peneliti melakukan survei kepada 300 partisipan dari China, Kolombia dan Inggris. Mereka diminta menilai berbagai hal tentang kopi. Baik aroma, tingkat kepahitan, intensitas, suhu, tingkat kafein dan rasa manis. Mereka juga diminta menyatakan seberapa besar mau membayar kopi. Berdasarkan ukuran dan bentuk cangkir. 

Partisipan dari ketiga negara menyatakan kopi dalam cangkir lebih pendek dan sempit terasa lebih pahit, aromatik sekaligus intens. Sementara cangkir berdiameter lebih besar dianggap rasa kopinya lebih manis. Bagi orang Inggris dan Kolombia, mereka lebih tertarik membayar lebih untuk cangkir diameter lebih besar. Sedangkan partisipan China umumnya mengatakan bersedia membayar dalam harga sama, apapun ukuran cangkirnya. 

"Bila pemilik kafe, barista dan produsen cangkir mau memanipulasi ekspektasi orang terhadap kopi, mereka sebaiknya secara hati-hati mempertimbangkan diameter dan tinggi cangkir yang digunakan atau dibuat. Sebab hal ini cenderung mempengaruhi aroma yang diharapkan, kepahitan, rasa manis dan intensitas," kesimpulan studi seperti dikutip Refinery29 (08/01). 

Hasil penelitian bisa dikaitkan dengan cangkir yang biasa dipakai di kafe. Kebanyakan orang yang mengonsumsi kopi seperti espresso dalam jumlah sedikit. Tapi kopi dengan tambahan susu dalam ukuran cangkir besar. 

Tampaknya kita masih mengasosiasikan ukuran cangkir besar dengan kopi yang manis dan ringan, sedangkan cangkir kecil untuk rasa kopi yang pekat. 

Benarkah?


Warna Cangkir Kopi
Warna, suatu hal yang bisa mempengaruhi psikologi kita, contohnya mood kita, bisa seketika melihat warna tertentu mood jadi baik, atau bisa jadi malah dapet mood yang buruk, jadi apa warna cangkir mempengaruhi rasa kopi jawabannya ya..

Universitas Oxford dan Universitas Australia mengadakan penelitian yang dilakukan mahasiswanya untuk mecoba membandingkan rasa kopi yang disajikan di beberapa cangkir yang warnanya berbeda, yang mereka temukan sedikit mengejutkan, yaitu perbedaan rasa di setiap cangkir yang telah di teliti. Penelitian tersebut diikuti oleh 36 relawan dari berbagai latar belakang hasilnya?

Kopi yang disajikan dalam cangkir yang berwarna biru mempunyai rasa yang cenderung lebih manis dari pada kopi yang disajikan ke dalam cangkir yang berwarna putih, kenapa?

Ada kemungkinan bahwa kopi yang dituangkan ke dalam cangkir yang berwarna putih memiliki warna yang lebih gelap dan orang yang meminumnya akan lebih menyebutnya memiliki rasa pahit. Sedangkan ketika kopi dituangkan ke dalam cangkir berwarna biru, tingkat kepekatan kopi yang diseduh tersamarkan, sehingga orang yang meminumnya akan mengatakan bahwa rasa kopi tersebut tidak terlalu pahit. Begitu menurut para peneliti tersebut.


Kesimpulan
Well, dari hasil penelitian ga bisa dipungkiri ukuran dan warna cangkir memang berpengaruh terhadap rasa kopi dari sebagian orang, tapi kopi tetaplah kopi yang mempunyai rasa pahit yang menjadi nyawa kopi itu sendiri, menurut saya pribadi rasa kopi yang nikmat tetaplah timbul dari cara penyeduhan dan kualitas kopi yang diseduh.

"Cappucino atau kopi latte? saya hanya butuh kopi, bukan pertanyaan. Kekasih"
-Sudjiwo Tedjo -


Sumber: Detik

You Might Also Like

1 comments

  1. Yuk kunjungi S1288POKER agen poker online uang asli terpercaya indonesia. Dilayani oleh customer service yang ramah dan baik yang siap melayani anda selama 24 jam Non-stop. Proses Deposit dan Withdraw tercepat hanya 5 menit. Di S1288POKER kalian bisa memainkan 6 permainan hanya dalam satu user id.
    Ayooo..tunggu apalagi yuk daftarin diri kalian segera di S1288POKER untuk dapatin bonus yang menarik serta pelayanan Customer Service yang sangat memuaskan. (WA : 08122221680)

    ReplyDelete