Mystical Beauty Gunung Lawu Via Cemoro Sewu

9:06 PM








Gunung Lawu, mendengar gunung itu pun langsung terhubung dengan hal yang berbau mistis, angker, pusat kerajaan siluman dan hal-lain yang berbau klenik

Gunung yang mempunyai ketinggian 3265 MDPL ini punya tiga puncak, hargo dalem, hargo dumiling, dan hargo dumilah, konon ceritanya gunung yang terkenal sebagai pusat kerjaan makhluk halus ini dijaga oleh jin yang berasal dari kerajaan majapahit.

Berangkat..

View ST Solo Jebres

Berawal dari St. Pasar Senen  dan berakhir di St. Solo Jebres, rombongan kami berjumlah  8 orang  yaitu Arif, Ayuti, Aini, Alif, Fuad, Ikus, Novi dan Saya. Seperti biasa kami menyewa karto kasbun sebagai driver, yang kali membawa elf prona buatan karosesri new armada sebagai angkutan kami dari solo menuju cemoro sewu, pintu gerbang pendakian seolah sudah menjadi paket, Mas bolang terpilih menjadi guide kami/ Rumah joglo, jalan mulus tanpa pemisah, serta pemotor yang banyak yang tidak menggunakan helm menjadi pendangan yang memanjakan mata. Saya sempat memperhatikan tanda jalan bertuliskan astana giri bangun yang menjadi tempat peristirahatan terakhir presiden kedua republik Indonesia, Bapak Jendral Besar Soeharto.



Cemoro Sewu

Mesjid An-Nur

Sudah banyak pendaki yang bersiap ketika kami sampai di gerbang pendakian cemoro sewu. Kondisi saat itu berkabut. Jam 12 siang pun suhu sudah berasa dingin. Setelah sholat zuhur, rombongan kami bersiap melakukan pendakian. Pak karto kasbun dan mas bolang menemani kami mendaki.
Papan Vandalisme yang berisi aneka striker pencinta alam
Mas bolang, menjadi guide kami selama mendaki, Kondisi jalur pendakian lawu via cemoro sewu sudah baik, karena jalur sudah diberikan batu blok sebagai pijakan. Berawal dari daerah dengan banyak pohon cemara, melalui beberapa sumber mata air, medan berbatu, setelah 8 jam kami mendaki, pos 4 yang menjadi pilihan kami mendirikan tenda untuk berisitirahat.
Jalur setapak Gunung Lawu Via

Naris Di Gerbang Pendakian Cemoro Sewu

Trouble..

Masalah terjadi, ketika tenda yang dibawa kapasitasnya tidak sesuai dengan jumlah rombongan, dua tenda dengan kapasitas 7 orang (4+3) tentu tidak cukup untuk diisi dengan Sembilan orang. Terpaksa rombongan putrid yang berjumlah 4 orang, masuk ke tenda dengan kapasitas 3 orang, dan lelaki yang berjumlah 5 orang dipaksa masuk ke tenda 4 orang, namun setelah dicoba, tenda 4 orang hanya muat untuk 4 orang. Semula pak karto kasbun berniat tidur diluar tenda, namun pak karto terlihat pucat, akhirnya saya bersedia untuk tidur luar. Beralaskan matras, dan dihangatkan sleeping bag standar, pertama kali saya mengalami tidur diluar, beruntuk cucaca cerah karena sedang musim kemarau, sekaligus udara di gunung sedang dingin-dinginnya, jujur gunung lawu ini suhunya luar biasa dingin dibanding gunung yang lain.

Yellow..
Sunrise Lawu
Sekitar pukul 03.30  kami bangun bersiap summit, tak lupa sarapan, tanpa guide kami summit, kondisi lawu saat itu ramai, sehingga cukup mudah untuk menemukan jalur karena banyaknya pendaki. kami beruntung sampai puncak tepat sebelum matahari terbit. sunrise lawu ini cukup unik, karena warna lembayungnya yang jingga, kami hanya mengunjungi hargo dumilah, karena tidak tau jalan ke dua puncak yang lain.

Landscape Gunung Lawu
Karena kami summit di pagi buta, ketika turun dari hargodumilah barulah terlihat pesona lawu, landscape yang tidak ditemui di tempat lain, hamparan hijau, jurang-jurang, dan beberapa bangunan pendopo yang kami dengar digunakan sebagai tempat bertapa dan lain-lain, serta beberapa tanaman indah yang saya tidak tau nama dan jenisnya.

Landsacape Gunung Lawu

Salah Satu Tanaman Yang Tumbuh Di Gunung Lawu



Turun..
Perjalanan turun sama dengan naik, yaitu lewat jalur cemoro sewu, ada yang unik ketika seekor burung jalak mengikuti kami turun sampai pos 1. Seakan menjadi pendamping perjalan turun kami.
Karena cuaca mendukung, kami sampai gerbang cemoro sewu sekitar pukul 1 siang, yak, peralanan naik-turun bisa dibilang 2:1 perbandingan waktunya.

Tips
1. Gunung Lawu itu suhunya dingin terutama musim kemarau, jadi persiapan harus lebih untuk menghangatkan badan.
2. Bawa bekal makanan cukup protein, seperti daging, disamping enak, Lawu itu tempat yang menyenangkan untuk camping, dijamin whorted !!

Gallery..
Pentoel, makanan yang bisa ditemui di cemoro sewu

View Di Awal Pendakian


View Turun Dari Puncak
Thanks To: Allah SWT, Kedua Orang Tua, dan teman seperjalanan
Kiri Atas: Galih, Ayuti, Novi, Aini, Ikus, Arif
Kiri Bawah: Karto Kasbun, Arif














You Might Also Like

1 comments

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete